Senin, 31 Mei 2021

Kisaran dan Perbedaan Biaya Servis Ganti Oli Motor dan Oli Mobil

Mengganti oli merupakan hal yang penting untuk menjaga kinerja kendaraan tetap bekerja dengan optimal. 

Langkah ini harus dipatuhi, apalagi bagi mereka yang ingin kendaraan awet. Karena kendaraan merupakan tumpuan beberapa orang untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan selain tipe oli adalah biaya servis ganti oli itu sendiri. Apa saja yang mewarnai perubahan harga serta mempengaruhi naiknya harga servis ganti oli?

Mari kita simak informasi lebih lengkapnya sekarang sob!

Waktu Ganti Oli yang Disarankan

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan atau dinamakan waktu yang ideal ketika ingin mengganti oli mesin motor atau mobil, setidaknya ada acuan batas atau jarak tempuh.

Pada motor sendiri jarak tempuh yang disarankan adalah mengganti oli mesin setiap jarak tempuh 2.000 km - 3.000 km atau setara dengan 1-2 bulan sekali tergantung pemakaian.

Untuk mobil sendiri jarak tempuh yang disarankan adalah mengganti oli mesin setiap jarak tempuh 10.000 km atau setara dengan 4-6 bulan sekali tergantung pemakaian.

Mengapa acuannya jarak tempuh? Alasan utamanya karena pada jarak tempuh tersebut dinilai kekuatan dan kemurnian oli mesin sudah berkurang secara signifikan. 

Tujuan utama mengganti oli mesin secara rutin agar komponen mesin kendaraan lebih sehat, optimal, dan bersih.

Selain itu kualitas oli mesin yang harus dipikirkan, baik dalam menjaga kinerja tetap nyaman digunakan meski menempuh berbagai kondisi jalan hingga waktu pemakaian yang lama. 

Biaya Servis Ganti Oli

Dari segi biaya oli mesin merupakan hal yang sangat berbeda bila disandingkan dengan oli lain. Harga oli mesin cukup memakan biaya karena lebih sering diganti bila dibandingkan tipe oli lain.

Untuk biaya ganti oli mesin motor sendiri bisa dibilang standar saja karena hanya membutuhkan 1-2 liter, tergantung tipe motor serta jarak tempuh.

Lalu biaya ganti oli mobil sendiri bisa dibilang cukup mahal karena membutuhkan 3-5 liter, tergantung tipe mobil serta jarak tempuhnya.

Harganya sendiri sangat bervariasi karena menyesuaikan dengan jumlah oli, kebutuhan motor, dan merek yang dipilih di rentang harga Rp20 ribuan hingga Rp150 ribuan per liter.

Sedangkan untuk mobil, harganya sangat bervariasi karena menyesuaikan dengan jumlah oli, tipe mobil, dan merek yang dipilih di rentang harga Rp400 ribu hingga Rp800 ribuan.

Ada juga tarif bengkel yang perlu kamu pikirkan, jadi siapkan hal-hal yang kamu butuhkan untuk mengganti oli mesin motor kesayangan kamu sob!

Rekomendasi Oli Mesin Terbaik

Setelah membahas biaya ganti oli motor dan mobil, kamu juga perlu mengetahui kualitas yang menyesuaikan tipe mesin, seperti oli mineral, campuran sintetik atau full sintetik serta standar oli dan spesifikasinya.

Mobil sendiri bisa menggunakan beberapa produk yang mengandung teknologi Ester Fortified serta standar API-SN.

Sedangkan untuk kendaraan roda tergantung dari transmisinya, untuk motor manual menggunakan JASO MA2 sedangkan matic menggunakan JASO MB.

Produk apa yang kamu perlukan untuk tipe motor matic?

Percayakan dengan oli TOP 1 Action Matic yang dilengkapi berbagai teknologi terbaik di kelasnya, seperti:

  • - Standar JASO-MB 2016: Membuat mesin gesit, bahan bakar tetap irit! Kualitas pelumas sudah melampaui standar oli terbaru untuk motor-motor pabrikan dari Jepang.
  • - Anti-Wear & Anti-Corrosion Additives: Dapat menjaga dan merawat kebersihan mesin, karena memiliki aditif khusus yang mampu membersihkan dan mencegah kotoran melekat dan membentuk endapan.
  • - Maximum Protection: Perlindungan dan masa pakai yang lebih tahan lama karena memiliki kadar sintetik yang lebih tinggi dari merek oli lain dengan harga sekelasnya.

Atau untuk mobil kamu bisa mempercayakan dengan oli TOP 1 Zenzation yang dilengkapi berbagai teknologi terbaik di kelasnya, seperti:

  • - Teknologi Ester Fortified: Aditif yang dirancang untuk menjaga mobil anda melaju dengan halus dan memberikan respon sempurna, sejak awal mesin dihidupkan.
  • - Max TBN: Teknologi anti korosi yang lebih tinggi mampu memberikan perlindungan maksimum terhadap karat.
  • - Exceed Euro 6 Standard: Emisi gas buang lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan, daya dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Dengan segudang teknologi yang dimiliki, harga oli ini juga sangat terjangkau dan memiliki kualitas yang baik.

Tunggu apalagi? Gunakan selalu oli mesin terbaik untuk kendaraan kesayangan kamu sekarang!

Yuk mulai ganti oli motor kamu dengan produk terbaik di bengkel-bengkel terdekat! Atau kunjungi toko online resmi TOP 1 di berbagai ecommerce di sini!

Rekomendasi untuk kamu: