Ini Yang Harus Kalian Lakukan Bila Koper Hilang di Bagasi Pesawat?

Ini Yang Harus Kalian Lakukan Bila Koper Hilang di Bagasi Pesawat?

selain menjengkelkan, juga bakal menyita banyak waktu untuk menguruskan. Belum lagi bila barang-barang di dalamnya sangat penting dan sifatnya sangat mendesak untuk digunakan.

Kasus koper hilang di bagasi pesawat sudah sering terdengar di dunia penerbangan Indonesia. Hal ini termasuk salah satu resiko saat terbang yang berhubungan dengan handling dari pihak ground handling maskapai maupun alasan lain. Koper hilang di bagasi pesawat biasanya terjadi pada koper yang tercatat saat check in, namun tidak menutup kemungkinan juga terjadi pada koper yang dibawa ke kabin.

Baca juga: Beli Oli Online dan Dapatkan Promonya!

Namun, jangan khawatir, kalian masih bisa menemukan koper hilang di bagasi pesawat tersebut dengan mudah. Ini dijamin oleh Peraturan Menteri Perhubungan No.77/2011 yang menjelaskan bahwa tanggung jawab dari pengangkut angkutan udara mengenai kompensasi yang bisa didapatkan penumpang saat mengalami kerusakan dan kehilangan barang-barang bawaan di bagasi pesawat.

Baca juga: Arti Kode SAE pada Oli atau Pelumas Mesin, Anak Mobil & Motor Wajib Masuk!

Jika kalian mengalami koper hilang di bagasi pesawat, berikut ini ada cara umum melapor dan klaim koper hilang di bagasi pesawat yang bisa langsung kamu ajukan ke maskapai.

  1. Buat laporan koper hilang di bagasi pesawat di perwakilan maskapai yang ada di bandara tempat kalian mendarat. Isi formulir yang diperlukan dan jangan lupa untuk menyertakan informasi selengkap-lengkapnya mengenai waktu terbang, kelas tiket dan lainnya. Bawa juga boarding pass dan luggage tag yang diberi saat check-in saat membuat laporan.
  2. Berikan informasi detail mengenai koper maupun tas yang hilang. Mulai dari warna, ukuran desain serta ciri-ciri unik yang ada di tas maupun koper kalian.
  3. Pantau terus informasi yang diberikan pihak maskapai terkait laporan barang hilang. Jika dalam waktu tiga hari belum ada kabar, hubungi kembali pihak maskapai maupun bandara untuk mengetahui update mengenai laporan kalian. Bagasi biasanya dinyatakan hilang jika dalam waktu tiga minggu belum ditemukan.
  4. Urus klaim secepatnya setidaknya sebelum bagasi dinyatakan hilang agar maskapai mengganti rugi bagasi yang hilang sesuai dengan berat dan juga peraturan pemerintah diatas.
  5. Jika kalian membeli asuransi penerbangan sebelum terbang, segera urus klaim asuransi perjalanan kalian agar bisa mendapat ganti rugi terhadap koper hilang di bagasi pesawat.

Koper hilang di bagasi pesawat saat bepergian dengan pesawat terbang memang tiak mengenakkan. Lakukan persiapan sebaik mungkin agar bagasi tak tertukar apalagi hilang. Selain itu jangan pernah meletakkan barang berharga seperti uang dan perhiasan di dalam koper  tercatat, karena jika koper hilang, maskapai tidak akan mengganti barang berharga tersebut namun hanya akan menghitung berdasarkan berat kilogram koper / tas yang hilang. So, mari jadi traveller yang cerdas agar penerbangan menjadi lebih menyenangkan.

Kunjungi tautan: http://www.top1.co.id/produk untuk melihat informasi dan teknologi yang terdapat di dalam produk-produk pelumas TOP 1.

© PT Topindo Atlas Asia 2024