Jumat, 18 Juni 2021

6 Jenis Oli Mobil dan Waktu yang Tepat untuk Menggantinya

Oli adalah suatu komponen yang sangat penting bagi kendaraan. Oli tidak hanya berfungsi sebagai pelumas mesin, tetapi juga membantu mekanisme kerja komponen. 

Maka dari itu, penting sekali untuk mengganti oli dalam waktu yang telah ditentukan agar kualitas dan performa mobil kamu tetap terjaga. 

Bayangkan jika kamu tidak mengganti oli, maka mesin mobil kamu akan cepat panas dan cepat rusak. 

Nah, kamu nggak mau dong mobil kamu menjadi cepat panas dan cepat rusak? Alangkah baiknya sebelum kamu mengganti oli, kamu mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis oli mobil. Yuk, simak selengkapnya berikut ini!

1. Oli Mesin

Oli mesin adalah penunjang utama kinerja mesin mobil. Karena itu lah oli mesin berguna sebagai pelumas mesin. Saat mesin dinyalakan, oli akan masuk dan melumasi sela-sela mesin melumasi jeroan mesin yang bergerak seperti piston, silinder, dan crankshaft.

Oli mesin sebaiknya diganti ketika mencapai jarak 5.000-10.000 km atau enam bulan sekali tergantung dari kebutuhan kendaraan kamu. Biasanya pergantian oli mesin setiap enam bulan sekalian diperuntukkan bagi orang yang tinggal di daerah perkotaan dengan lalu lintas yang padat.

2. Oli Transmisi

Sesuai dengan namanya, oli transmisi berfungsi untuk memperhalus proses transmisi atau pergantian gigi agar lebih lancar dan halus.

Terdapat perbedaan antara oli transmisi mobil manual dan mobil matic. Pada mobil manual, dibutuhkan oli yang lebih kental dengan kekentalan diatas SAE 40. Sebaiknya oli transmisi manual diganti ketika jarak telah mencapai 10.000 km.

Sedangkan, pada mobil matic menggunakan oli Automatic Transmission Fluid (ATF) dan diganti ketika mencapai 20.000 km.

3. Oli Gardan 

Oli gardan berfungsi sebagai penghubung transmisi ke gardan agar lancar. 

Penggantian oli gardan sebaiknya dilakukan ketika telah mencapai jarak 10.000 hingga 20.000 km atau berbarengan dengan oli transmisi.

BACA JUGA: AMANKAH GUNAKAN OLI DIESEL UNTUK MOTOR? BERIKUT PENJELASAN LENGKAPNYA

Pergantian oli dapat dilakukan lebih cepat jika kamu mendengar suara dengung atau bunyi-bunyi tertentu ketika mobil berbelok.

4. Oli Rem

Oli rem atau yang biasa dikenal dengan minyak rem adalah sebagai pelancar sistem kerja pengereman. 

Oli rem sebaiknya diganti setiap 30.000 km atau kurang lebih setiap dua tahun. Kamu bisa mengganti oli rem lebih cepat jika warna oli telah mengalami perubahan.

5. Oli Power Steering

Oli power steering berguna sebagai pelumas bagian pompa dan juga meringankan lingkar kemudi. Hal itu membuat kamu lebih mudah dalam memegang kemudi.

Pergantian oli power steering dilakukan setiap 40.000 km atau bisa lebih cepat ketika warna oli berubah menjadi hitam atau cokelat.

6. Oli Transfer

Oli transfer umumnya hanya digunakan pada mobil dengan sistem penggerak all-wheel drive (AWD) atau four-wheel drive (4WD atau 4x4). 

Tugas oli mobil satu ini sebagai pelindung chain dan bearing. Tanpa oli transfer, gigi akan sulit berputar dan mobil pun terasa berat saat dijalankan. Sebaiknya penggantian oli dilakukan setiap 40.000 km. 

Lalu jenis oli apa yang cocok dan direkomendasikan untuk mesin mobil kamu?

TOP 1 Zenzation bisa menjadi pilihan oli mobil yang tepat untuk menjaga kondisi mesin mobil akan jauh lebih baik. Selain karena terdiri dari kandungan sintetik lebih dari 30% di kelas dengan harga yang terjangkau, ada teknologi yang terdapat di oli ini, seperti:

  1. Teknologi Ester Fortified: Aditif yang dirancang untuk menjaga mobil anda melaju dengan halus dan memberikan respon sempurna, sejak awal mesin dihidupkan.
  2. Max TBN: Teknologi anti korosi yang lebih tinggi mampu memberikan perlindungan maksimum terhadap karat.
  3. Exceed Euro 6 Standard: Emisi gas buang lebih rendah sehingga lebih ramah lingkungan, daya dan tenaga yang dihasilkan lebih optimal.

Ingin produk TOP 1 dengan seri full sintetik untuk mobil kesayangan kamu? Tenang ada kok, pilih TOP 1 Evolution yang siap menjaga mesin mobil lebih menyeluruh dan lebih tahan lama.

Percayakan oli mobil kamu dengan oli TOP 1, jangan lupa minta langsung saat di bengkel ya!

Atau mau ganti sendiri? Bisa banget kok! Kunjungi langsung toko resmi TOP 1 di Tokopedia atau Shopee dengan DISKON EKSKLUSIF ga pake ribet sob!

Oli Anda TOP 1 juga kan?

Rekomendasi untuk kamu: